Hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa yang Kos di RT 02 RW 08 Air Tawar Barat Padang

Meldi, Putra (2015) Hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa yang Kos di RT 02 RW 08 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_PUTRA_MELDI_04147_4991_2015.pdf] Text
B1_4_PUTRA_MELDI_04147_4991_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara peneliti dengan mahasiswa tinggal di RT 02 RW 08 pada tanggal 27 september 2013 bahwa nilai rata-rata mahasiswa IPK 2,27. Hal ini diduga terjadi karena pengaruh lingkungan belajar yang tidak mendukung terhadap prestasi belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui gambaran lingkungan belajar,(2)prestasi belajar, dan (3)hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang kos di Rt 02 Rw 08 Air Tawar Barat Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional, dimana penelitian korelasional mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor yang lain berdasar kan pada koefisien korelasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa UNP yang berjumlah 60 orang yang kos di Rt 02 Rw 08 Air Tawar Barat Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan, bertempat tinggal di Air Tawar Barat Padang, dan memiliki IPK yang rendah. Teknik pengumpulan data adalah angket, sedangkan alat pengumpulan datanya berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment adalah uji korelasi melalui uji-t pada taraf nyata 0,05 untuk melihat hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Uji korelasi hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar anak kos di dapat dapat r hitung dan nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai r tabel untuk N=30. Dari hasil konsultasi tersebut didapat r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung ≥ r tabel) baik pada taraf signifikan 95% (0,361). Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan Antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mahasiswa yang kos di RT 02 RW 08 Air Tawar Barat Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:22
Last Modified: 26 May 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item
View Item