Amelia, Bety (2012) Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kesulitan dalam Proses Perkuliahan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Regresi Linear Berganda: Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_Bety Amelia_83964.pdf [thumbnail of B1_2_Bety Amelia_83964.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_Bety Amelia_83964.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan yang terjadi dalam proses perkuliahan tergantung kepada
tingkat kesulitan tiap mata kuliah yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil
wawancara dengan beberapa mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP,
sebagian besar mengalami kesulitan dalam proses perkuliahan dari faktor
akademik maupun lingkungan. Hal ini memberikan pengaruh terhadap hasil
belajar yang didapatkan. Selain itu, faktor diri sendiri dan keluarga juga
mempengaruhi hasil belajar mereka. Sebagian besar mahasiswa tidak mengetahui
faktor apa yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar tersebut. Salah satu
cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melaksanakan
evaluasi dengan melihat pengaruh faktor-faktor kesulitan dalam proses
perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu rumusan masalah
dalam Tugas Akhir ini adalah bagaimana pengaruh faktor-faktor kesulitan dalam
proses perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA
UNP menggunakan regresi linear berganda?. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan
adalah data primer dengan pengumpulan data berupa kuesioner, dan data sekunder
yang diperoleh dari Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang berupa nilai
mahasiswa untuk masing-masing mata kuliah. Populasi dari penelitian ini adalah
mahasiswa Jurusan Matematika dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang
responden. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda.
Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data terlihat bahwa model
regresi linear berganda dari pengaruh faktor-faktor kesulitan dalam proses
perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP
adalah Ln Ŷ = 5,01 - 0,0154 X1 – 0,0230 X2 -0,0182 X4 untuk mata kuliah
Kalkulus Peubah Banyak 1, Ŷ = 33,9 + 1,37 X1 untuk mata kuliah Aljabar Linear
Elementer, Ln Ŷ = 3,86 – 0,0172 X3 – 10,0488 X4 untuk mata kuliah Struktur
Aljabar, Ln Ŷ = 4,29 + 0,0121 X1 – 0,00382 X3 -0,0292 X4 untuk mata kuliah
Statistika Matematika 1, Ŷ = 99,0 – 0,940 X1 – 1,21 X4 untuk mata kuliah
Analisis Riil 1 dan Ŷ = untuk
mata kuliah Matematika Diskrit. Dari keenam model yang didapatkan, secara
umum faktor kesulitan yang mempunyai pengaruh dalam proses perkuliahan
terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri
Padang adalah faktor akademik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regresi Linear Berganda ( |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:18 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12172 |