Mayar, Farida (2015) Metode Pembelajaran Menggambar melalui Ekspresi Bebas di Taman Kanak-kanak. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_FARIDA_MAYAR_91684_2494_2015.pdf [thumbnail of B1_9_FARIDA_MAYAR_91684_2494_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_FARIDA_MAYAR_91684_2494_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran menggambar selama ini guru mencontohkan gambar di
papan tulis terlebih dahulu. Ada gunung, laut, sawah, sungai dan sebagainya.
Pembelajaran menggambar ekspresi bebas dilaksanakan sesaat, banyak diarahkan
mewarnai gambar karena permintaan pasar (sponsor) pada hal mewarnai adalah
salah satu unsur dari menggambar. Apabila keadaan ini secara terus menerus
perkembangan menggambar anak terhambat, pembelajaran lebih banyak
diarahkan untuk membaca, menulis, dan berhitung, menggambar untuk mengisi
waktu luang, pembelajaran menggambar banyak diatur oleh guru. Serta guru
jarang menggali isi cerita gambar anak, hasil gambar harus sesuai keinginan guru
Maka sorotan lebih banyak diarahkan kepada guru TK sebagai salah satu
komponen yang terlibat langsung dalam pembelajaran menggambar.
Tujuan disertasi ini: (a) mengungkapkan perasaan anak, (b) penerapan metode
ekspresi bebas, dan (c) menemukan pembelajaran menggambar melalui ekspresi
bebas.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif menurut Faisal yang bersifat
deskriftif analisis (a) menyeluruh, (b) terfokus, dan (c) hasil temuan. Teknik
pengumpulan data untuk keperluan disertasi adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verfikasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perasaan pembelajaran
menggambar melalui ekspresi bebas. Menyenangkan, menarik, dan sangat
diminati anak. Dari ekspresi anak terlihat spontan seperti gembira, senang, dan
sedih dari hasil gambarnya. Penerapan pembelajaran menggambar melalui metode
ekspresi bebas dilaksanakan pada kegiatan inti, tempat pelaksanaan pertama di
lokal dimulai oleh guru bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, demontrasi, guru
mengajarkan menggambar dicontohkan di papan tulis melalui tema terlebih
dahulu, bertujuan untuk memperkenalkan bentuk dan karakter objek, diarahkan
bebas berekspresi, anak menggambar berangsur-berangsur objek dikembangkan
dan digabungkan ke alam pikirannya. Kedua, anak menggambar di luar lokal (di
halaman TK) dengan metode karyawisata, bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab,
pemberian tugas, dan demonstrasi memperlihatkan, memperkenalkan lingkungan
alam sekitar kemudian anak berekspresi bebas, sehingga anak dapat menggambar
bebas sesuai apa yang dinginkannya. Pembelajaran menggambar melalui ekspresi
bebas menekankan kepada anak untuk mendapatkan kreativitas secara total. Guru
menyampaikan materi penuh perasaan yang menyentuh, sehingga anak merasa
senang, menghasilkan karya orisinil sangat pribadi dapat membangun,
membentuk kedewasaan berpikir seperti sikap terbuka, dan menerima perubahan
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Ekspresi Bebas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:50 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12150 |