Febrianti, Lisa (2023) Persepsi Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LISA_FEBRIANTI_19045138_4336_2023.pdf [thumbnail of B1_01_LISA_FEBRIANTI_19045138_4336_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LISA_FEBRIANTI_19045138_4336_2023.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk 1). mengetahui pengetahuan mahasiswa
pendidikan geografi angkatan 2020 tentang program merdeka belajar kampus
merdeka. 2). untuk menganalisis persepsi mahasiswa pendidikan geografi
angkatan 2020 tentang program merdeka belajar kampus merdeka.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pemilihan
informan, menggunakan teknik snowball sampling adalah mahasiswa pendidikan
geografi universitas negeri padang angkatan 2020 yang telah mengikuti program
mbkm dan mahasiswa yang belum mengikuti program mbkm. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan
adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa persepsi mahasiswa pendidikan
geografi universitas negeri padang tentang program mbkm adalah mahasiswa
pendidikan geografi ikut serta dalam mengikuti program mbkm ini. Dimana
dari 15 mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2020 yang mengikuti
program mbkm tidak semua mahasiswa mengetahui 9 bentuk program.
Mengenai konversi SKS mahasiswa belum mengerti sistem dari konversi
matakuliah. Sehingga mahasiswa tetap mengikuti program MBKM sembari
mengikuti kelas mata kuliah wajib . Untuk ketentuan umum dan bentuk bentuk
penilaian dari program mbkm mahasiswa masih belum mengetahui dan baru
mendengar istilah dari bentuk penilaian mbkm. Namun, Masih ada mahasiswa
yang belum mengikuti program MBKM. Dikarenakan kurangnya literasi
mahasiswa terhadap sosialisasi Program MBKM ini. Hal serupa juga membuat
mahasiswa yang tidak mengikuti program mbkm karena belum memahami seperti
apa matakuliah yang bisa dikonversikan. Dan juga program MBKM ini tidak
wajib untuk diikuti mereka lebih memilih untuk menyelasaikan kuliah wajib
jurusan dari pada untuk mengikuti program mbkm ini. Bagi mahasiswa yang
sudah mengikuti program mbkm menyatakan bahwa program mbkm memberikan
manfaat dalam pengalaman mahasiswa dan penambahan soft-kill dalam diri
mahasiswa. Dengan adanya program MBKM menambahkan relasi dan membuat
beradaptasi mahasiswa menjadi cepat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program MBKM, Pendidikan Geografi, Persepsi Mahasiswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:52 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1213 |