Rahmadeli, Fajri (2017) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FAJRI_RAHMADELI_1300038_4934_2017.pdf [thumbnail of B1_01_FAJRI_RAHMADELI_1300038_4934_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FAJRI_RAHMADELI_1300038_4934_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Padang tentang kurang baiknya kompetensi sosial guru. Lebih lanjut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Padang dilihat dari kemampuan dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan peserta didik, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama guru dan orang tua peserta didik, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian yang diajukan adalah untuk mengetahui, 1) persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan peserta didik di SMA Negeri 8 Padang, 2) persepsi siswa tentang kemampuan guru menggunakan teknologi komunikasi dan informasi 3) persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama guru dan orang tua peserta didik di SMA Negeri 8 Padang, 4) persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam bergaul secara santun dengan masyarakat di SMA Negeri 8 Padang.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa di SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 791, sampel penelitian diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 85 yang ditarik dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model skalaLikert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya, data diolah dengan rumus rata-rata (Mean).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di SMA Negeri 8 Padang yang ditinjau pada aspek: (1) kemampuan dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan peserta didik berada pada kategori sangat mampu dengan skor rata-rata 4,92. (2) kemampuan guru dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,36. (3) bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama guru dan orang tua peserta didik berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,78. (4) bergaul secara santun dengan masyarakat berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,57. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru di SMA Negeri 8 Padang berada pada kategori mampu dengan rata-rata 4,16.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:50 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1212 |