Pengenalan Membaca Bagi Anak Usia Dini Dengan Berbasis Pendekatan BCCT di TK Islam Al-Azhar Bukittinggi.

Yulia, Laura Neswita (2013) Pengenalan Membaca Bagi Anak Usia Dini Dengan Berbasis Pendekatan BCCT di TK Islam Al-Azhar Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_LAURA_NESWITA_YULIA_08347_2634_2013.pdf] Text
B1_4_LAURA_NESWITA_YULIA_08347_2634_2013.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa anak
tamatan TK Islam Al-Azhar selama kurang lebih dua tahun sudah mampu
membaca dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja
yang dilakukan guru Taman Kanak-kanak Islam AL-Azhar untuk pengenalan
membaca, yaitu upaya guru dalam memilih pembelajaran pendekatan BCCT, dan
secara khususnya penelitian in ibertujuan untuk melihat 1) upaya yang dilakukan
guru dengan memilih pendekatan Sentra untuk pengenalan membaca,2)
penggunaan media pembelajaran dalam pengenalan membacadan 3) pemilihan
bahan pembelajaran untuk pengenalan membaca.
Jenis penelitian ini adalah deskripstif, yang mengungkap fakta yang terjadi
dilapangan pada saat ini. Populasi dan respon den penelitian adalah guru TK
Islam Al-Azha rBukittinggi yang berjumlah 21 orang, jenis dan sumber data yang
digunakan adalah data hasil pegamatan langsung dari sumber data tentang 1)
pemilihan model pembelajaransentra, 2) penggunaan media dan 3) pemilihan
materi ajar untuk pengenalan membaca. Teknik dan alat pengumulan data yang
digunakan adalah angket.Data diolah dengan teknik persentase.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa TK Islam Al-Azhar memilih
pendekatan sentra dalam pengenalan membaca,yang dilakukan di TK Islam Al-
Azhar Bukittinggi merupakan upaya yang baik dalam pengenalan membaca anak
usia dini karena hamper semua guru dapat memanfaatkan sentra belajar untuk
pengenalan membaca. Kesimpulan yang dapat ditarik darihasil penelitian
menyatakan bahwa model pembelajaran sentra, penggunaan media dan pemilihan
bahan ajar sangat menentukan dalam keberhasilan guru dalam pengenalan
membaca, makadisarankan agar guru PAUD dapat memilih model pembelajaran
sentra da nmenggunakan berbagai macam media pembelajaran serta memilih
materi dan bahan ajar Hasil pengamatan menunjukkan bahwa TK Islam Al yang
sesuai dengan perkembangan anak dalam pengenalan membaca

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 May 2025 02:14
Last Modified: 24 May 2025 02:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12077

Actions (login required)

View Item
View Item