Khoiriah, Khoiriah (2017) Self Esteem Siswa Underachiever dan Usaha yang Dapat Dilakukan oleh Guru BK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_KHOIRIAH_1304854_3367_2017.pdf [thumbnail of B1_05_KHOIRIAH_1304854_3367_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_KHOIRIAH_1304854_3367_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Siswa cerdas atau yang memiliki IQ tinggi akan menunjukkan hasil belajar yang baik. Adapun kenyataannya di lapangan terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat IQ 120 ke atas namun memiliki rata-rata hasil belajar rendah yang biasa disebut dengan siswa underachiever. Salah satu penyebab siswa underachiever adalah self esteem yang rendah. Self esteem merupakan kecenderungan seseorang memandang dirinya memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan dalam kehidupan dan berhak untuk berbahagia. Kebanyakan siswa underachiever memiliki pandangan yang negatif terhadap diri dan kemampuannya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan self esteem siswa underachiever di SMA Adabiah Padang di lihat dari general self esteem, social self esteem, dan personal self esteem. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa underachiever di SMA Adabiah Padang yang berjumlah 60 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket metode sakala guttman dianalisis dengan persentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa self esteem siswa underachiever di SMA Adabiah Padang dilihat dari tiga komponen self esteem, 1) general self esteem berada pada kategori sangat rendah, 2) social self esteem berada pada kategori sangat rendah, 3) personal self esteem berada pada kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK/konselor agar dapat memberikan bantuan serta memotivasi siswa yang diasuh agar lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi kamampuan menghargai diri (self esteem) siswa underachiever. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam lagi tentang self esteem siswa underachiever dengan menambahkan variabel lain, dan menambahkan subjek penelitian yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self esteem, siswa underachiever |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 May 2025 08:20 |
Last Modified: | 23 May 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12033 |