Pengaruh E-larning Terhadap Efektivitas Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Azhari, Ayu (2020) Pengaruh E-larning Terhadap Efektivitas Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_AYU_AZHARI_15042167_156_2020.pdf] Text
B1_4_AYU_AZHARI_15042167_156_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh E-larning terhadap efektivitas perkuliahan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Latar belakang penelitian ini karena kurangnya pengetahuan tentang penggunaan E-learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelititan ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yang aktif sejak 2017-2019 sebanyak 2.900 orang. Pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Accidental Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan skala pengukuran skala likert. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas. Setelah itu dilakukan uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh E-learning terhadap Efektifitas Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana signifikansi besar 0,05 (α=5%) atau (0,142>0,05) dan nilai F hitung < F tabel yaitu 1,635 < 3,940 yang artinya dikatakan data ini mempunyai hubungan yang linier dan signifikansi, maka variabel E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektifitas Perkuliahan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Hasil variabel penerapan E-learning menunjukan bahwa variabel Elearning dalam kategori Baik, hal ini menujukan bahwa mahasiswa dan dosen sudah bisa memanfaatkan metode perkuliahan dengan E-learning dengan baik tapi adanya beberapa dosen dan mahasiswa yang belum menguasai pengunaan Elearning tentu dapat menjadi masalah dalam proses perkuliahan yang berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak kampus terkait banyak melakukan pelatihan bagi dosen yang belum menguasai operasional perangkat elektronik, agar bisa terlaksananya pengunaan E-learning dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Efektivitas, Sistem Informasi Manajemen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 May 2025 08:01
Last Modified: 23 May 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item
View Item