Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan bagi Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri Kota Padang

Annisa, Fadilla (2017) Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan bagi Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FADILLA_ANNISA_1300009_1300009_4220_2017.pdf] Text
B1_01_FADILLA_ANNISA_1300009_1300009_4220_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada SMK
Negeri di Kota Padang yang menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang
diberikan kepada tenaga administrasi sekolah belum sepenuhnya dilakukan
analisis kebutuhan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan
informasi mengenai analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga
administrasi sekolah di SMK Negeri di Kota Padang dalam bidang (1)
administrasi kepegawaian, (2) administrasi keuangan, (3) administrasi sarana dan
prasarana, (4) administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat, (5) administrasi
persuratan dan kearsipan, (6) administrasi kesiswaan, (7) administrasi kurikulum,
dan (8) Penerapan teknologi informasi dan komunikasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga administrasi sekolah
yang ada di SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 59 orang. Alat
pengumpulan data penelitian ini adalah angket skala Semantic Defferencial
modifikasi tujuh pilihan jawaban yang berada dalam satu arah interval. Angket ini
telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisis data menggunakan rumus
presentase tingkat capaian yaitu skor rata-rata dibagi skor rata-rata ideal dikali
seratus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga administrasi sekolah
membutuhkan pendidikan dan pelatihan bidang: (1) administrasi kepegawaian
berada pada kategori butuh dengan tingkat capaian 77,90%, (2) administrasi
keuangan berada pada kategori butuh dengan tingkat capaian 81,72%, (3)
administrasi sarana dan prasarana berada pada kategori cukup butuh dengan
tingkat capaian 65,42%,(4)administrasi husemas berada pada kategori butuh
dengan tingkat capaian 71,43%, (5)administrasi persuratan dan kearsipan berada
pada kategori butuh dengan tingkat capaian 73,70%,(6)administrasi kesiswaan
berada pada kategori butuh dengan tingkat capaian 73,97%,(7)administrasi
kurikulum berada pada kategori butuh dengan tingkat capaian 72,83%, dan
(8)penerapan teknologi informasi dan komunikasi berada pada kategori sangat
butuh dengan tingkat capaian 91,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga administrasi
sekolah di SMK Negeri Kota Padang berada pada kategori butuh dengan tingkat
capaian 76,02%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan perlu dilakukan
pengembangan program pendidikan dan pelatihan bagi TAS yang sesuai dengan
kebutuhan tenaga administrasi sekolah dalam bidang garapannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KEBUTUHAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:31
Last Modified: 10 Feb 2025 04:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item
View Item