Kontribusi Cara Belajar dan Media Pemebelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Padang

Anshari, Khairul (2016) Kontribusi Cara Belajar dan Media Pemebelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_KHAIRUL_ANSHARI_2962_1106779_2016.pdf] Text
B1_05_KHAIRUL_ANSHARI_2962_1106779_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi cara belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Terdapat kontribusi cara belajar dan media pembelajaran secara bersama–sama terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. 2) Terdapat kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang 3) Terdapat kontribusi media pembelajaran terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini melibatkan 37 responden siswa kelas X TAV di SMKN 1 Padang. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika, sedangkan data cara belajar dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Cara belajar dan media pembelajaran secara bersama–sama memberikan kontribusi sebesar 42 % terhadap hasil belajar, 2) Cara belajar memberikan kontribusi sebesar 34 % terhadap hasil belajar, 3) Media pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 33 % terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cara Belajar dan Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 May 2025 08:00
Last Modified: 23 May 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12018

Actions (login required)

View Item
View Item