Nurleli, Nurleli (2012) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NURLELI_84803_5339_2012.pdf [thumbnail of B1_4_NURLELI_84803_5339_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NURLELI_84803_5339_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan di SMA Negeri 1 Tanjung Raya yaitu masih ada sebagian siswa yang belum tuntas dalam mata pelajaran Sosiologi. Hal ini disebabkan sikap atau gaya belajar siswa yang bermacam-macam dalam proses pembelajaran, yang tidak diketahui oleh guru maupun siswa itu sendiri. Kurangnya pemahaman terhadap gaya belajar siswa diduga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N 1 Tanjung Raya yang terdaftar pada tahun 2011/2012 yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dengan skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors dan uji hipotesis dengan rumus ANOVA. Hasil uji hipotesis dengan rumus ANOVA diperoleh nilai Fr 3,695 sedangkan nilai F 3,185, hal ini berarti terdapat pengaruh antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Sosiologi. Selanjutnya perbedaan pengaruh rata-rata masing-masing gaya belajar terhadap hasil belajar Sosiologi siswa, yaitu gaya belajar visual memiliki perbedaan yang signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar dibanding kelompok gaya belajar auditorial dan kinestetik. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar kelompok gaya belajar visual lebih tinggi dibanding kedua gaya belajar yang lain yaitu 67,78. Dari rata-rata hasil belajar perkelompok, diperoleh perbedaan rata-rata antar kelompok sebesar: a) gaya belajar visual 8,07, b) gaya belajar auditorial 4,18, c) gaya belajar kinestetik 4,47. Sedangkan nilai HSD adalah 4,374. tabel Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa gaya belajar visual memberikan sumbangan yang positif terhadap hasil belajar Sosiologi. Oleh karena itu, siswa perlu mengetahui gaya belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Gaya Belajar, Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:48 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11954 |