Using Skit to Teach Writing a Recount Text at Junior High Schools

Zafita, Yunida (2011) Using Skit to Teach Writing a Recount Text at Junior High Schools. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_YUNIDA_ZAFITA_10017_1679_2011.pdf] Text
B1_YUNIDA_ZAFITA_10017_1679_2011.pdf

Download (277kB)

Abstract

Writing (menulis) merupakan salah satu bentuk berkomuniksai dengan orang lain. Melalui writing, seseorang bisa mengekspresikan ide, pemikiran, atau perasaannya kepada orang lain melalui bahasa tulisan. Writing juga diajarkan di sekolah menengah pertama. Sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, siswa harus bisa menulis dengan baik. Pengajaran writing juga diajarkan bersamaan dengan text types (jenis-jenis text) seperti recount text. Recount text merupakan salah satu jenis teks yang diajarkan kepada siswa. Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali kejadian-kejadian dimasa lampau. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum bisa menulis recount text dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: kurangnya penguasaan vocabulary (kosakata) dan kurangnya penguasaan grammar (tata bahasa). Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, maka guru membutuhkan sebuah teknik yang bisa mendorong siswa untuk menulis recount text dengan baik yaitu dengan menggunakan skit (drama komedi). Melalui skit siswa bisa memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan mereka tulis karena mereka melihat setiap event (kejadian) dalam drama yang ditampilkan didepan kelas kemudian mereka menuliskan kembali kejadian tersebut dalam bentuk recount text.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 23 May 2025 07:46
Last Modified: 23 May 2025 07:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11942

Actions (login required)

View Item
View Item