Setiawati, Atik (2012) Pengaruh Tugas Rumah Membuat Peta Konsep Sebelum Pembelajaran Aktif Tipe Power of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Pasaman Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ATIK SETIAWAN_05010.pdf [thumbnail of B1_4_ATIK SETIAWAN_05010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ATIK SETIAWAN_05010.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Biologi pada siswa SMPN 2 Pasaman menggunakan pendekatan dan metode yang masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered). Siswa kurang termotivasi dan aktivitas siswa dalam belajar biologi rendah, siswa cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diberikan strategi dalam proses pembelajaran yaitu tugas rumah membuat peta konsep sebelum pembelajaran aktif tipe power of two. Dengan adanya strategi ini, diharapkan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) dan siswa mempunyai persiapan dari rumah mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas rumah membuat peta konsep sebelum pembelajaran aktif tipe power of two terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VII SMPN 2 Pasaman Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Kelas sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling, dan ditetapkan Kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan Kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil tes siswa di akhir penelitian dengan menggunakan 30 soal objektif. Data dianalisis dengan Uji t, karena data sampel terdistribusi normal dan memiliki varians homogen, dengan kriteria hipotesis diterima apabila t i hitung > t tabel . Hasil penelitian, didapatkan pada kelas ekperimen memperoleh nilai ratarata 71,9 yang lebih tinggi dibandingkan nilai-nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 67,5. Hasil uji hipotesis dengan uji t diketahui bahwa harga t hitung adalah 2,26 dan t tabel adalah 2,02 yang berarti t hitung > t tabel . Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa tugas rumah membuat peta konsep sebelum pembelajaran aktif tipe power of two berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VII SMPN 2 Pasaman Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peta Konsep, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:43 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11919 |