Febri, Danil (2013) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAUL Di SMKN 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DANIL_FEBRI_85074_660_2014.pdf [thumbnail of B1_05_DANIL_FEBRI_85074_660_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DANIL_FEBRI_85074_660_2014.pdf
Download (955kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran CD Interaktif dalam meningkatan hasil belajar siswa.Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan,
yaitu rendahnya nilai rata-rata kelas siswa dibandingkan dengan standar KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75,00 dengan rentangan 0 – 100, pada pada mata Pelajaran Penggunaan Alat Ukur Listrik di kelas X TAV SMKN 1 Lintau Buo.Hal ini dipengaruhi oleh banyak factor, diantaranya metode pembelajaran, model pembelajaran dan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran CD interaktif. Penelitian ini menggunakan model eksperimen yang bersifat study kasus one shot study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMKN 1 Lintau Buo. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test dengan tujuan
mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum mendapat perlakuan, selanjutnya diberikan perlakuan kepada siswa dan terakhir memberikan post-test, untuk mengetahui efektifitas dari treatment yang dilakukan. Data dikumpulkan dari tes
hasil belajar yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Instrument yang digunakan berupa test subjektif sebanyak 20 soal butir soal yang dibagi menjadi 5 soal stiap pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk
mengungkap pengaruh yang terjadi dari treatment yang dilakukan. Hasil tes yang dilakukan, didapat rata-rata nilai pre-test untuk seluruh pertemuan sebesar 50,95 sedangkan rata-rata nilai post-test yang dilakukan setelah siswa mendapat perlakuan yakni sebesar 81,72. Melihat dari kedua nilai tersebut, didapat beda dari keduanya sebesar 30,78. Untuk mengetahui besarnya peningkatan, maka dilakukan perhitungan dalam persentase, dan hasilnya terdapat peningkatan sebesar 60,41%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan belajar
menggunakan media pembelajaran CD Interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11911 |