Peningkatan Aktivitas Belajar Sosiologi melalui Pembelajaran Menggunakan Media Gambar dengan Variasi Pertanyaan yang Ditempel dalam Kelompok Dinamis Kelas X Sma Negeri 1 Bayang

Yanti, Nopita (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Sosiologi melalui Pembelajaran Menggunakan Media Gambar dengan Variasi Pertanyaan yang Ditempel dalam Kelompok Dinamis Kelas X Sma Negeri 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NOVITA_YANTI_79554_20_2015.pdf] Text
B1_4_NOVITA_YANTI_79554_20_2015.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangani oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sosiologi terutama terjadi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bayang. Dalam pembelajaran sosiologi masih banyaknya guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa dan guru belum menggunakan media gambar yang bervariasi sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran sosiologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwa metode penggunaan media gambar dengan variasi pertanyaan yang ditempel dalam kelompok dinamis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi salah satunya dikelas X6 SMA Negeri 1 Bayang. Manfaat dari penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru sosiologi terutama di SMA Negeri 1 Bayang dalam meningkatkan aktivitas belajar sosiologi bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran sosiologi dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas ( ClassRoom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu : Perencanaan, Tindakan , Observasi , Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap-tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas X6 Semester Juni – September 2011 yang berjumlah 39 siswa. Alat yang digunakan untuk penelitian ini adalah media gambar. Hasil penelitian terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sosiologi yang diolah menggunakan rumus persentase P = ( F/N) x 100%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar sosiologi siswa. Persentase aktivitas belajar sosiologi siswa pada Siklus I sebesar 34,4% dan pada Siklus II naik menjadi 65,5% berarti terjadi peningkatan aktivitas belajar sosiologi siswa dengan menggunakan “ Media Gambar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 31,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media gambar dengan variasi pertanyaan yang ditempel dalam kelompok dinamis dapat meningkatkan aktivitas belajar sosiologi siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Bayang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Media Gambar, Variasi Pertanyaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 May 2025 07:39
Last Modified: 23 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item
View Item