Motivating Elementary School Students to Master New Vocabulary Through Big Colorful Picture Flashcard

Permana, Widya (2011) Motivating Elementary School Students to Master New Vocabulary Through Big Colorful Picture Flashcard. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_WIDYA_PERMANA_77078_1834_2011.pdf] Text
B1_WIDYA_PERMANA_77078_1834_2011.pdf

Download (939kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari kosa kata baru. Pengenalan kosa kata bahasa Inggris harus diperkenalkan secara menarik dengan cara yang lebih bervariasi dan interaktif untuk dapat meningkatkan motivasi bagi siswa sekolah dasar. Untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari kosa kata baru dapat digunakan melalui penggunaan media ajar. Salah satunya melalui penggunaan Big Colorful Picture Flashcard. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kosa kata dalam bentuk gambar berwarna sehingga guru tidak perlu menyebutkan kembali arti dari kosa kata kedalm bahasa ibu. Big Colorful Picture Flashcard ini dapat dipakai dalam pengajaran reading untuk siswa sekolah dasar sebagai pemula. Penggunaan media ini dapat membuat siswa merasa tertarik dalam mempelajari kosa kata baru bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Ini karena penyampaian materi yang lebih menarik bagi siswa misalnya memahami sebuah paragraf singkat. Dalam kegiatan ini siswa menemukan kosa kata sulit, hal ini dapat dibantu dengan menggunakan Big colorful Picture Flashcard. Dengan menggunakan Big Colorful Picture Flashcard guru tidak perlu lagi mentranslet kosa kata baru kedalam bahasa ibu karena secara tidak sadar siswa telah mengetahui arti kosa kata. Ada hal penting yang perlu diingat oleh guru dalam menggunakan Big Colorful Picture Flashcard sebagai media ajar, guru sebaiknya memberikan kosa kata dalam bentuk konteks kalimat sederhana yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa agar pembelajaran kosa kata bahasa inggris menjadi lebih menarik dan bermakna. Penyajian materi dan media pembelajaran yang digunakan dapat divariasikan oleh guru yang bersangkutan. Guru dapat memodifikasikan penyajian materi, media ajar dan instrument lainnya dalam permainan, nyayian, bercerita atau hanya penyajian langsung dalam tatap muka dalam proses belajar mengajar. Mengingat dunia anak merupakan masih dalam tahap belajar sambil bermain, maka makalah ini memgemukakan metode pengajaran kosa kata melalui gambar berwarna sehingga anak-anak tidak mudah bosan dalam proses belajar mengajar serta mengkongkritkan hal-hal yang bersifat abstrak. Belajar bahasa Inggris menjadi menarik tergantung bagaimana interaksi guru dalam kelas serta metode penyampaian materi yang disertai dengan media

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 May 2025 07:36
Last Modified: 22 May 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item
View Item