Supriyanti, Juli (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Sijunjung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_JULI_SUPRIYANTI_1104097_27_2016.pdf [thumbnail of B1_4_JULI_SUPRIYANTI_1104097_27_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_JULI_SUPRIYANTI_1104097_27_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauhmana pengaruh dari:1)Siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi hasil belajar ekonomi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional kelas X di SMAN 2 Sijunjung, 2)Siswa yang memiliki minat belajar tinggi diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning akan lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar tinggi diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas X di SMAN 2 Sijunjung 3)Siswa yang memiliki minat belajar rendah diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional kelas X di SMAN 2 Sijunjung. 4)Terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa X di SMAN 2 Sijunjung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel penelitian dari kedua kelas adalah 66 orang siswa. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data minat belajar dilakukan dengan menyebarkan angket penelitian, sedangkan untuk hasil belajar berupa tes dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan diakhir pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan uji persyaratan analisis data dan hipotesis dengan Anova dua jalur .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Sijunjung. (2)Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat belajar tinggi pada model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat belajar tinggi pada model pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Sijunjung. (3)Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat belajar rendah pada model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat belajar rendah pada model pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Sijunjung. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas X SMAN 2 Sijunjung.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:36 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11685 |