Kontribusi Kreativitas Belajar dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang.

Asharini, Siti Sarah (2011) Kontribusi Kreativitas Belajar dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_SITI_SARAH_ASHARIM_08276_2011.pdf.pdf] Text
B1_6_SITI_SARAH_ASHARIM_08276_2011.pdf.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih rendahnyahasil belajar siswa dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK), dimana hasil belajar yang dicapai siswa masih dibawah standar nilaiKriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan di sekolah tersebut.Gejala-gejala yang terlihat dilapangan seperti siswa tidak bertanya dan jugasebaliknya ketika guru bertanya banyak siswa yang tidak menjawab pertanyaandari guru maupun dari temannya, kurangnya kreativitas siswa dalammenyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Kurang terampilnya siswa dalammengapliaksikan ilmu yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untukmengungkapkan besarnya kontribusi kreativitas belajar dan cara belajar secarabersama-sama terhadap belasil belsajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 2Gunung Talang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional,dengan populasi penelitian 122 orang dan sampel penelitian berdasarkan teknikproposional random sampling adalah sebesar 57 orang. Dalam penelitian inisampel dibagi menjadi 4 kelas, menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulandata menggunakan angket dengan pengukuran skala likert1-5. Sebelum digunakanangket diuji coba terlebih dahulu, validitas butir menggunakan rumus Pearsonproduct moment dan rumus reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha.Kemudian data diolah menggunakan program SPSS 16.0. Teknik analisa dataterdiri dari uji persyaratan analisis data, deskripsi data, uji hipotesis. Ujipersyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji One SampleKolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji analisis varian, ujilinearitas menggunakan Tes for linearity. Untuk mendeskripsikan data digunakanteknik analisa statistic deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakanteknik korelasi sederhana dan uji t pada pengujian pertama dan hipotesis keduaserta analisis regresi linear berganda dan uji F pada pengujian hipotesis ketiga.Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kreativitas belajarterhadap hasil belajar sebesar 16,64%, cara belajar berkontribusi terhadap hasilbelajar sebesar 10,30%, kreativitas belajar dan cara belajar berkontribusi secarabersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 20,70%. Dari hasil penelitiandisimpulkan bahwa kreativitas dan cara belajar merupakan faktor yangberhubungan terhadap hasil belajar. Sehubungan dengan hasil penelitian makadiharapkan kepada semua unsur pendidik untuk dapat menciptakan suasana yangdapat meningkatkan kreativitas dan cara belajar siswa dan diharapkan bagi siswaagar dapat melaksanakan fungsinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, KREATIVITAS BALAJAR, CARA BELAJAR
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika-D3
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2025 01:53
Last Modified: 10 Feb 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item
View Item