Persepsi Peserta Diklat terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran oleh Narasumber Pelatihan Pendidik PAUD di SKB Lima Puluh Kota

Sari, Danthy Meillya (2014) Persepsi Peserta Diklat terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran oleh Narasumber Pelatihan Pendidik PAUD di SKB Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DANTHY_MEILLYA_SARI_11766_2348_2014.pdf] Text
B1_4_DANTHY_MEILLYA_SARI_11766_2348_2014.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lancarnya kegiatan belajar melalui metode
pembelajaran yang digunakan narasumber dalam proses pelatihan pendidik
PAUD di SKB Lima Puluh Kota, terlihat dari peserta diklat yang memiliki konsentrasi
tinggi dalam pelatihan. Hal ini diduga narasumber membuat proses pelatihan
yang menarik dan menyenagkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
metode pembelajaran yang digunakan narasumber pelatihan pendidik
PAUD di SKB Lima Puluh Kota yang dilihat dari aspek metode pembelajaran
ceramah, metode pembelajaran diskusi, metode pembelajaran demonstrasi dan
metode pembelajaran karya wisata.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua semua peserta pelatihan pendidik PAUD yang berjumlah 25
orang. Sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sensus yaitu seluruh
populasi dijadikan responden. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan
angket dan pedoman observasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan
rumus persentase.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan
narasumber pelatihan pendidik PAUD di SKB Lima Puluh Kota adalah (1)
Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran ceramah yang digunakan
oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam proses pelatihan, (2)
Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran pembelajaran diskusi
yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam proses
pelatihan, (3) Sebagian besar peserta diklat berpresepsi metode pembelajaran demonstrasi
yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan baik dalam
proses pelatihan, (4) Sebagian besar peserta diklat berpersepsi metode pembelajaran
karya wisata yang digunakan oleh narasumber sudah berjalan dengan
sangat baik dalam proses pelatihan. Saran secara umum agar narasumber selalu
menerapkan metode pembelajaran yang baik sehingga kegiatan pelatihan berjalan
lancar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 06:29
Last Modified: 21 May 2025 06:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item
View Item