Profil Anak Tunagrahita “X” berprestasi Bidang Desai Grafis Menggunakan Aplikasi Photoshop di SLB Negeri 1 Padang (Deskriptif Kualitatif)

Wanti, Redda (2016) Profil Anak Tunagrahita “X” berprestasi Bidang Desai Grafis Menggunakan Aplikasi Photoshop di SLB Negeri 1 Padang (Deskriptif Kualitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_REDDA_WANTI_1200278_4317_2016.pdf] Text
B1_2_REDDA_WANTI_1200278_4317_2016.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang tampak dilapangan yaitu adanya anak tunagrahita ringan yang memiliki prestasi di bidang desain grafis menggunakan aplikasi Photoshop. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini
bertujuan untuk menggali dan melihat gaya belajar anak, kemampuan anak menggunakan komputer dan kendala yang di alami X dalam menggunakan komputer khususnya aplikasi Photoshop di SLB Negeri 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan yang terjadi sebagaimana adanya saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara
dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan X kelas VIII di SLB N 1 Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar anak dalam menggunakan aplikasi Photoshop cenderung dengan visual anak. Proses belajar dilakukan secara bertahap dan anak mempunyai cara belajar sendiri yaitu dengan mendengarkan
musik. Kemudian setelah diajarkan proses mengerjakan poster sebanyak tiga kali,anak akan mampu mengerjakannya sendiri dan hanya perlu bimbingan saja.Adapun kendala yang dihadapi anak dalam mempelajari aplikasi Photoshop yaitu
menulis kalimat di dalam poster. Anak mengalami kesulitan saat menuliskan katakata tersebut jika tidak dituliskan
terlebih dahulu oleh guru dikertas lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 May 2025 02:20
Last Modified: 21 May 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11589

Actions (login required)

View Item
View Item