Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menunda Tugas Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP

Andika, Andika (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menunda Tugas Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.

[thumbnail of B1_01_ANDIKA_3944_2015.pdf] Text
B1_01_ANDIKA_3944_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP ada yang menunda-nunda
menyelesaikan tugas akademik dan datang terlambat menghadiri perkuliahan,
perilaku ini juga disebut dengan istilah prokrastinasi akademik. Untuk melihat
faktor-faktor apa yang dominan menjadi penyebab prokrastinasi akademik, maka
dilakukan penelitian deskriptif kuantitatif.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan tujuan penelitian
untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik
mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan FT UNP yang berjumlah 398 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 196 mahasiswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Isaac &
Michael. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang menggunakan
skala Likert, dan pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk
melihat derajat pencapaian faktor dan analisis faktor untuk melihat hubungan
diantara faktor-faktor .
Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa faktor
internal yang paling dominan mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP adalah tidak menyukai
tugas dengan besar derajat pencapaian 56,377% dan faktor eksternal yang paling
dominan mempengaruhi adalah kondisi lingkungan dengan besar derajat
pencapaian 70,051%. Sedangkan untuk analisis faktor diperoleh 4 faktor baru
terbentuk dan diberi nama antara lain faktor kepribadian, faktor kemalasan, faktor
keputusan diri dan faktor Inisiatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 09:24
Last Modified: 20 Jan 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item