Rahmadhani, Ratri (2021) Hubungan antara Strategi Pembelajaran Luring dengan Motivasi Belajar Siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RATRI_RAHMADHANI_17003031_5157_2021.pdf [thumbnail of B1_2_RATRI_RAHMADHANI_17003031_5157_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RATRI_RAHMADHANI_17003031_5157_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis di SLBN 1 Linggo Sari Baganti yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih dikatakan rendah. Oleh sebab itu, banyak faktor yang mempengaruhi motivasi
belajar siswa, salah satunya adalah strategi pembelajaran luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi pembelajaran luring, 2) Motivasi belajar
siswa dan 3) Hubungan antara strategi pembelajaran luring dengan motivasi belajar siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah “terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran luring
dengan motivasi belajar siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti”. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SLBN 1 Linggo Sari Baganti yang berjumlah 22 orang.
Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling total dan sampel penelitian berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket model Skala Likert dengan empat alternatif jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya oleh tenaga ahli yaitu Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Spearman Rank.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran luring di SLBN 1 Linggo Sari Baganti pada kriteria “tinggi” dengan skor 62,7%, 2) Motivasi belajar siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti pada
kriteria “tinggi” dengan skor 66,7%, 3) terdapatnya hubungan yang berarti antara strategi pembelajaran luring dengan motivasi belajar siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti dengan koefisien korelasi rhitung = 0,59 > rtabel = 0,428 pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara strategi pembelajaran luring dengan motivasi belajar siswa di
SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Artinya strategi pembelajaran luring merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SLBN 1 Linggo Sari Baganti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 May 2025 04:04 |
Last Modified: | 20 May 2025 04:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11489 |