Nazara, Ranita (2015) Kurikulum Jurusan Sejarah 1999-2013 (Studi Komparasi Perubahan). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RANITA_NAZARA_1106562_5174_2015.pdf [thumbnail of B1_2_RANITA_NAZARA_1106562_5174_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RANITA_NAZARA_1106562_5174_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perubahan kurikulum sejarah untuk pendidikan tinggi belum memberikan perubahan yang berarti khususnya bagi Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang. Perubahan yang terjadi hanya secara substansi atau di bidang administrasi, seperti adanya mata kuliah yang digabungkan, perubahan nama atau kode sessi mata kuliah, dan
penghapusan mata kuliah. Padahal seharusnya setiap perubahan kurikulum mencakup seluruh komponen-komponen kurikulum yaitu komponen tujuan,komponen isi/materi, komponen proses pembelajaran dan komponen evaluasi pembelajaran, karena masing-masing kurikulum saling memiliki keterkaitan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif, dimana data dikumpulkan untuk melihat makna dan bentuk perubahan kurikulum Jurusan Sejarah. Lokasi penelitian yaitu Jurusan Sejarah FIS UNP. Objek penelitian adalah kurikulum Jurusan Sejarah UNP mulai tahun 1999-2013. Data diperoleh melalui studi dokumentasi berupa
buku pedoman akademik UNP, arsip Jurusan Sejarah dan sinopsis mata kuliah, selanjutnya dilakukan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dari Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam empat periode perubahan
kurikulum untuk komponen tujuan kurikulum tidak setiap periode mengalami perubahan dan hanya terjadi satu kali perubahan tujuan kurikulum, sedangkan untuk komponen materi/isi kurikulum telah mengalami perubahan disetiap periodenya, tetapi masih terdapat bagian yang tidak mengalami perubahan dan memiliki kelemahan-kelemahan.
Selain itu dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa perubahan kurikulum jurusan sejarah belum maksimal, sehingga makna ataupun arti dari perubahan belum terlihat yang memberi kesan pihak Jurusan Sejarah hanya melaksanakan tuntutan perubahan kurikulum, tanpa benar-benar melakukan
perubahan yang berarti. Berdasarkan teori yang digunakan, bentuk dari perubahan kurikulum Jurusan Sejarah dalam empat periode ini yaitu Perubahan terjadi di beberapa
bagian (subsistem) tertentu saja tanpa terjadi di bagian lain, tetapi juga memberi pengaruh terhadap sistem yang lain dan sistem tidak terintegrasi secara ketat. Perubahan hanya terjadi dibeberapa bagian saja tetapi meskipun demikian tetap memberi pengaruh terhadap komponen lain karena
perubahan yang terjadi di komponen materi/isi kurikulum disesuaikan dengan tujuan kurikulum tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:37 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11457 |