Kamiyem, Kamiyem (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan (b, d, p dan q) melalui Media Kartu Huruf pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SLB Negeri Batam). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_KAMIYEM_1309559_1243_2020.pdf [thumbnail of B1_2_KAMIYEM_1309559_1243_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_KAMIYEM_1309559_1243_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang
ditemukan di SLB Negeri Batam pada anak tunagrahita kategori sedang kelas
III yaitu siswa mengalami permasalah mengenal huruf (b, d, p, dan q). Pada
pembelajaran guru hanya melakukan metode tanya jawab pada siswa dan
metode ceramah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf
pada anak tunagrahita sedang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus
yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu
melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian terdapat peningkatan dalam mengenal huruf b, d, p
dan q melalui media kartu huruf pada anak tunagrahita sedang. Hasil tes
kemampuan awal pada siklus I 42% dan pada siklus II 83 %. Kesimpulannya
bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf b,
d, p, dan q pada anak tunagrahita sedang di di SLB N Batam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:31 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11456 |