Melgawati, Melgawati (2014) Hubungan Anatara Kepedulian Orangtua dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MELGAWATI_97203_4264_2014.pdf [thumbnail of B1_04_MELGAWATI_97203_4264_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MELGAWATI_97203_4264_2014.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 8 Padang.Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS tersebut diasumsikan oleh beberapa faktor diantaranya kesibukan dan kurangnya kepedulian orangtua terhadap anaknya.Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepedulian orangtua dengan hasil belajar sosiologi siswa SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Padang berjumlah 117 orang.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel yaitu ProportionalRandom Sampling .Data mengenai kepedulian orang tua siswa diperoleh melalui penyebaran angket dan data hasil belajar sosiologi siswa diperoleh dari guru sosiologi SMAN 8 Padang.Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. tabel Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r 0,266 yang berarti secara statistik terdapat hubungan antara kepedulian orang tua dengan hasil belajar sosiologi siswa SMAN 8 Padang. Tapi dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator kepedulian orangtua dengan hasil belajar diperoleh bahwa indikator 1 yaitu menyediakan tempat belajartidak mempunyai hubungan dengan hasil belajar siswa karena r i hitung < r Sedangkan indikator 2, 3, dan 4 mempunyai hubungan karena r hitung > r table. table, Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepedulian orangtua dengan hasil belajar.Dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator kepedulian orangtua dengan hasil belajar menunjukan bahwa tidak semua indikator kepedulian orangtua yangmempunyai hubungan dengan hasil belajar. Hanya satu indikator saja yang tidak mempunyai hubungan yaitu indikator menyediakan tempat belajar.Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan kepada orang agar lebih meningkatkan lagi kepedualiannya terhadap belajar anaknya supaya memperoleh hasil belajar yang baik.Selain itu orangtua agar dapat menyediakan tempat belajar kepada anaknya karena tempat belajar merupakan sarana yang penting terhadap keberhasilan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Orang Tua, Hasil Belajar Sosiologi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 19 May 2025 09:13 |
Last Modified: | 19 May 2025 09:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11445 |