Iryanda, Dhea Delara (2016) Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang diberi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Tipe Talking Stick di Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DHEA_DELARA_IRYANDA_1201334_5993_2016.pdf [thumbnail of B1_03_DHEA_DELARA_IRYANDA_1201334_5993_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DHEA_DELARA_IRYANDA_1201334_5993_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena rendahnya minat belajar dan keaktifan siswa di dalam kelas, serta sedikitnya penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga siswa menjadi lebih cepat bosan. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Talking Stick di kelas, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model NHT dengan tipe Talking Stick pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun pelajaran 2015/ 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling dimana teknik pengambilan sampel jenuh (tuntas) yang menggunakan seluruh anggota populasinya, kemudian terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran tipe NHT memperoleh rata-rata nilai 75,23 sedangkan kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick yaitu 71,81. Kemudian hasil uji hipotesis dari kelas sampel adalah thitung = 1,71 dan ttabel = 1,67 dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe Talking Stick pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian ini, penerapan model pembelajaran NHT lebih baik dari model pembelajaran Talking Stick.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, Numbered head together (NHT) dan talking stick, Hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:16 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11417 |