Pengaruh Strategi KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab

Hanniyah, Hanniyah, (2022) Pengaruh Strategi KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HANNIYAH_17016147_2460_2022.pdf] Text
B1_01_HANNIYAH_17016147_2460_2022.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab sebelum menggunakan strategi
KWL. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X
SMA Negeri 1 Sungai Tarab sesudah menggunakan strategi KWL. Ketiga,
menganalisis pengaruh strategi KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab yang terdaftar tahun
pelajaran 2021/2022 sebanyak 240 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30
orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebelum dan
sesudah menggunakan strategi KWL siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Data
dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. instrument
penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman sebelum
dan sesudah menggunakan strategi KWL.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab sebelum
menggunakan strategi KWL berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan
nilai rata-rata 69,93. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA
Negeri 1 Sungai Tarab sesudah menggunakan strategi KWL berada pada kualifikasi
Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,67. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif H1
diterima jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil
penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL
berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa
kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Oleh karena itu, strategi ini dapat dijadikan
sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran keterampilan membaca pemahaman
di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 23 May 2025 02:13
Last Modified: 23 May 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item
View Item