Sari, Marnita (2017) Pengelolaan Fasilitas Rumah Makan di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MARNITA_SARI_1202027_5625_2017.pdf [thumbnail of B1_04_MARNITA_SARI_1202027_5625_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MARNITA_SARI_1202027_5625_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkup permasalahan terkait pengelolaan fasilitas rumah makan di Pantai Tiram. Permasalahan yang tampak yaitu luas ruangan yang tidak sesuai dengan rasio kapasitas tempat duduk, toilet yang kotor dan tidak terawat serta tidak adanya daftar menu di rumah makan Pantai Tiram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan fasilitas rumah makan di Pantai Tiram yang meliputi fasilitas ruang makan dan minum serta fasilitas penunjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan informan pengelola atau pemilik rumah makan dan karyawan rumah makan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Selanjutnya data dianalisis dengan mereduksi, menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan pengelolaan fasilitas rumah makan di Pantai Tiram 1) Penataan ruang dilakukan dengan cara menata meja panjang di dalam gazebo dan setiap gazebo ditempati oleh maksimal 8 orang.. 2) Tidak ada perencanaan untuk membuat sirkulasi udara dan pencahayaan buatan di dalam gazebo, hal ini dikarenakan gazebo berupa ruang lepas tanpa dinding dan terjadi pertukaran udara setiap saat dan juga ada sinar matahari sebagai pencahayaan alam sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan buatan di dalam gazebo tidak diperlukan. 3) Tidak ada perencanan untuk membuat daftar menu di rumah makan. 4) Cara pengelola mengorganisir fasilitas rumah makan adalah dengan cara menugaskan pekerja untuk melakukan pekerjaan di rumah makan seperti menata meja, membersihkan meja, peralatan makan dan toilet di rumah makan.5) Cara pengelola mengarahkan pekerja adalah dengan cara mengadakan rapat secara berkala dengan melibatkan semua pekerja dan memberi arahan kepada pekerja untuk menata meja, membersihkan meja, peralatan makan dan toilet di rumah makan. 6) Cara pengelola melakukan pengawasan terhadap pekerja adalah dengan cara mengawasi dan memantau pekerja secara langsung dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti menata meja, membersihkan meja, peralatan makan dan toilet di rumah makan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Fasilitas Rumah Makan, Pantai Tiram |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:00 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11309 |