Gambaran Perencanaan Pembelajaran oleh Tutor pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB 1 Tanah Datar

Naska, Nella Okvadila (2014) Gambaran Perencanaan Pembelajaran oleh Tutor pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB 1 Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NELLA_OKVADILA_NASKA_96019_3576_2014.pdf] Text
B1_4_NELLA_OKVADILA_NASKA_96019_3576_2014.pdf

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh warga belajar yang rajin mengikuti proses pembelajaran Paket C, selain itu pada saat proses pembelajaran warga belajar terlihat cukup serius dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan penetapan tujuan, penetapan materi, penggunaan metode, penggunaan media dan pelaksanaan penilaian pembelajaran oleh tutor pada program paket C di SKB 1 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tutor pada pendidikan kesetaraan paket C yang ada di SKB 1 Tanah Datar yang berjumlah 10 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah tutor pada pendidikan kesetaraan paket C yang ada di SKB 1 Tanah Datar yang berjumlah 5 orang . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner, analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian gambaran perencanaan pembelajaran oleh tutor pada program pendidikan kesetaraan paket C di SKB 1 Tanah Datar menunjukkan bahwa perencanaan penetapan tujuan, penetapan materi, penggunaan metode, penggunaan media dan pelaksanaan penilaian pembelajaran oleh tutor semua terlihat baik, ini terlihat dari persentase sering dan selalu yang menunjukkan angka tinggi. Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah: 1) Diharapkan kepada tutor untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas hasil belajar warga belajar, 2) Diharapkan bagi penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan paket C untuk merancang program pendidikan yang lebih baik selanjutnya, 3) Diharapkan dapat sebagai bahan bagi pengajar/tutor di SKB 1 untuk mempersiapkan proses penyampaian materi yang lebih baik untuk pendidikan berikutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran Tutor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 19 May 2025 04:58
Last Modified: 19 May 2025 04:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item
View Item