Karmila, Karmila (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Cepat dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_KARMILA_54479_1094_2014.pdf [thumbnail of B1_2_KARMILA_54479_1094_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_KARMILA_54479_1094_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca cepat siswa
kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan
menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Ketiga, menganalisis
hubungan keterampilan membaca cepat dengan keterampilan menulis berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tergolong kuantitatif karena data
yang diolah menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data,
dan penampilan hasilnya. Sesuai dengan tujuan penelitian, ada dua data yang akan
diolah. Pertama, data keterampilan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri
13 Padang. Kedua, data keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri
13 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitis.
Metode ini bertujuan untuk mengalisis hubungan antara keterampulan membaca
cepat dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Desain
korelasional bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterampilan
membaca cepat dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang
dengan sampel berjumlah 30 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif
dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes
objektif dan tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data
keterampilan membaca cepat sedangkan tes menulis digunakan untuk
mengumpulkan data keterampilan menulis berita.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal
hal berikut. Pertama, keterampilan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri
13 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (72,16). Kedua, keterampilan
menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang berada pada kualifikasi
lebih dari cukup (73,33). Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan membaca
cepat dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang
pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan demikian,
semakin bagus keterampilan membaca cepat siswa, maka akan semakin bagus
keterampilan menulisnya. Sebaliknya, apabila keterampilan membaca cepat siswa
buruk, maka keterampilan menulisnya pun akan buruk.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:58 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11302 |