Nur Alim, Roki (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS Di SMAN 11 Tebo, Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ROKI_NUR_ALIM_18045080_1518_2023.pdf [thumbnail of B1_01_ROKI_NUR_ALIM_18045080_1518_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ROKI_NUR_ALIM_18045080_1518_2023.pdf
Download (6MB)
Abstract
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment
Division) merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada
aktifitas dan interaksi di antara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling
membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang
maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model STAD terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 11 Tebo,
Jambi.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah quarsi eksperimen
dengan desain penelitian Pretest-postest nonequivalent control disign. Sampel
yang diambil pada penetian ini sebanyak 30 peserta didik atau setengah dari
populasi yang diambil dengan jumlah 60 peserta didik pada dua kelas IPS yaitu
Kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik pengambilan data berupa dokumentasi,
test hasil belajar dengan desain pretest dan postest, dan kueisioner. Teknik
pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji normalitas, uji
homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain, dan uji regresi linear sederhana.
Hasil pada penelitian didapatkan nilai posttest kelas eksperimen dengan
hasil belajar rata-rata 72 dibanding dengan kelas kontrol yang medapatkan hasil
rata- rata 66. Perbedaan ini didasari oleh penggunaan dua model pembelajaran
yang berbeda yakni model STAD (Student Team Achievment Division) dan TGT
(Team Game Tournament). Hasil N-gaint peserta didik kelas eksperiment
mendapatkan persentase 56%(Cukup Efektif) sedangkan kelas kontrol
mendapatkan persentase 51%( Kurang Efektif). Didalam penelitian peneliti juga
mengambil kueisioner mengenai proses pembelajaran dengan model STAD yang
hasilnya model pembelajaran ini memberikan kontribusi sebesar 40,5% terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 sedangkan selebihnya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:53 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1125 |