Astriana, Anna (2012) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran pada Kursus Komputer Program Informatika Komputer di Lembaga Pendidikan Quantum Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ANNA_ASTARIANA_83178_1624_2012.pdf [thumbnail of B1_4_ANNA_ASTARIANA_83178_1624_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ANNA_ASTARIANA_83178_1624_2012.pdf
Download (384kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari tingginya kehadiran warga belajar, tingginya minat warga belajar untuk mengikuti kursus komputer dan keberhasilan warga belajar dan Lembaga Pendidikan Quantum terhadap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran kursus komputer di Lembaga Pendidikan Quantum kota Padang yang meliputi komponen tentang (1) Materi Belajar (2) Metode Belajar (3) Sumber Belajar (4) Tempat Belajar (5) Kelompok Belajar (6) Evaluasi Belajar. Jenis penelitian yang digunakan berbentuk deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 120 orang. Dan pengambilan sampel dengan Stratified Random Sampling dengan mengambil sebanyak 40% dengan jumlah sampel seluruhnya 48 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket model skala likert. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang menggunakan rumus persentase. Sebelum angket disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument. Hasil uji coba menunjukkan angket yang digunakan valid dan reliable kecuali item no 9, 20 dan 35 dan berdasarkan konsultasi dengan pembimbing maka kedua item ini dibuang. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) pelaksanaan pembelajaran pada aspek materi belajar di kursus komputer sudah sesuai dengan kebutuhan warga belajar dikategorikan cukup baik (2) pelaksanaan pembelajaran pada aspek medote belajar dikategorikan cukup baik (3) pelaksanaan pembelajaran pada aspek sumber belajar dikategorikan cukup baik (4) pelaksanaan pembelajaran pada aspek tempat belajar dikategorikan sudah baik. (5) pelaksanaan pembelajaran pada aspek kelompok belajar dikategorikan sudah baik. (6) pelaksanaan pembelajaran pada aspek evaluasi belajar dikategorikan cukup baik. Untuk itu penulis menyampaikan beberapa saran : (1)diharapkan kepada sumber belajar untuk mempertahakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran kursus komputer di Lembaga Pendidikan Quantum (2)kepada warga belajar kursus komputer untuk dapat memotivasi teman lain untuk ikut bergabung di Lembaga pendidikan Quantum (3) kepada sumber belajar dan pengelola agar dapat memperhatikan komponenkomponen pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran dan lebih meningkatkan lagi kuantitas dan kualitas dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Kursus Komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:25 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11164 |