Persepsi Siswa Tentang Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Konstruksi Batu dan Beton Siswa Kelas X Jurusan Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Pariaman

Prasetyo, Adi Rama (2018) Persepsi Siswa Tentang Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Konstruksi Batu dan Beton Siswa Kelas X Jurusan Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ADI_RAMA_PRASETYO_52963_958_2018.pdf] Text
B1_01_ADI_RAMA_PRASETYO_52963_958_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi saat siswa
melakukan praktek batu dan beton. Melihat permasalahan yang terjadi maka
penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui persepsi siswa SMK Negeri 1
Pariaman kelas X konstruksi batu dan beton terhadap penerapan kesehatan dan
keselamatan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini
sebanyak 22 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling, yaitu pengambilan
sampel dengan jumlah yang sama dengan populasi. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri dari 5 buah pilihan jawaban dan
terdiri dari 34 butir pernyataan. Teknik analisis data digunakan dengan
menginterpretasikan skor pencapaian responden dari setiap indikator
Hasil penelitian menunjukan terdapat persepsi siswa kelas X konstruksi batu dan
beton terhadap penerapan kesehatan dan keselamatan kerja dari keempat indikator
yang memiliki persentase terbesar terdapat pada indikator keselamatan bahan dan
alat-alat yaitu pada kategori sedang yaitu 50%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 07 Feb 2025 09:05
Last Modified: 07 Feb 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item
View Item