Aulia, Rahmi (2019) Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pendidik Khusus di Sekolah Inklusi SMK N 7 Padang: Penelitian Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RAHMI_AULIA_15003134_5362_2019.pdf [thumbnail of B1_2_RAHMI_AULIA_15003134_5362_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RAHMI_AULIA_15003134_5362_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SMK N 7 Padang, disana terdapat 20 orang anak berkebutuhan khusus, namun hanya ada satu orang Guru Pendidik Khusus yang disediakan oleh sekolah
tersebut. Walaupun memiliki Guru Pendidik Khusus hanya satu orang, sekolah tetap bekerja sama dengan semua pihak seperti guru kelas, Guru Pendidik Khusus dari orang tua, dan tim inklusi untuk mengoptimalkan pendidikan untuk anak
berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan cara Guru Pendidik Khusus membimbing 20 orang anak di sekolah tersebut dengan jenis anak yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru Pendidik Khusus yang bertugas di SMK N 7 Padang. Untuk sumber data yaitu dari GPK, sedangkan untuk sumber penunjangnya didapatkan dari kepala sekolah, guru bidang studi,dan siswa ABK di sekolah SMK N 7 Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Guru Pendidik Khusus di sekolah ini dibantu dengan tim inklusi, guru kelas, serta Guru Pendidik Khusus yang dibayar pribadi oleh orang tua, bagi orang tua yang tidak memiliki Guru Pendidik
Khusus pribadi maka orangtua sendiri yang turun langsung membimbing anak di kelas, hal ini dimusyawarahkan dulu untuk mencari jalan keluar dengan keadaan yang kekurang Guru Pendidik Khusus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:05 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11142 |