Andika, Cica (2017) Pengaruh Kualitas Makanan pada Menu Breakfast terhadap Kepuasan Tamu di Restaurant Jam Balero Hotel Pusako Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_CICA_ANDIKA_1306419_5181_2017.pdf [thumbnail of B1_04_CICA_ANDIKA_1306419_5181_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_CICA_ANDIKA_1306419_5181_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari tamu yang merasa kecewa dengan kualitas makanan yang diberikan oleh restaurant jam balero Hotel Pusako Bukittinggi. Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Makanan Pada Menu Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu Di Restaurant Jam Balero Hotel Pusako Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Kualitas Makanan(X)Terhadap Kepuasan Tamu(Y)di Restaurant Jam Balero Hotel Pusako Bukittinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu di restaurant jam balero berjumlah 7.335 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang diambil menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi tidak lansung melalui kuesioner (angket) dengan mengunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut:(1) indikator warna pada kategori sangat baik (50%), indikator penampilan kategori cukup (47,91%), indikator porsi kategori cukup (50%), indikator temperatur kategori cukup (46,87%), indikator tekstur kategori cukup (54,16%), indikator aroma kategori cukup (54,16%), dan indikator rasa kategori cukup (63,54%) sedangkan variabel Kualitas Makanan berada pada kategori cukup (67,70%), (2) indikator terpenuhinya keinginan pada kategori cukup (44,79%), indikator terpenuhinya kebutuhan kategori buruk (41,66%), indikator terpenuhinya keinginan kategori cukup (55,20%), indikator keinginan memakai produk kembali kategori cukup (57,29%), indikator keinginan merekomendasikan kepada orang lain kategori buruk (46,87%), sedangkan variabel Kepuasan Tamu berada pada kategori tidak puas (60,41%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung dengan sig. 0,000 < 0,05, maka variabel kualitas makanan dapat menjelaskan variabel kepuasan tamu secara signifikan, dengan R Square sebesar 0,289. Artinya kualitas makanan mempengaruhi Kepuasan tamu sebesar 28,9% dan 72,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya t hitung 6,183 > t tabel (±1.66088) dengan taraf signifikan 0,05, Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,234 dengan nilai t hitung 6,183 pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan kualitas makanan akan meningkatkan 0,234 satuan kepuasan tamu. Maka Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Makanan Pada Menu Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu di Restaurant Jam Balero Hotel Pusako Bukittinggi sebesar 28,9%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Makanan dan Kepuasan Tamu |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 16 May 2025 09:19 |
Last Modified: | 16 May 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11098 |