Vidryani, Riza (2011) Teaching Writing Analytical Exposition Text to Senior High School Students by Using Chat Room Application “Bingo”. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_RIZA_VIDRYANI_77051_1386_2011.pdf [thumbnail of B1_RIZA_VIDRYANI_77051_1386_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_RIZA_VIDRYANI_77051_1386_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Menulis (writing) merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa di samping keterampilan bahasa lainnya seperti mendengar (listening), berbicara (speaking), dan membaca (reading). Namun kenyataannya, banyak siswa yang mengalami kesulitan menulis dalam bahasa Inggris, salah satunya dalam menulis teks eksposisi analitis (analytical exposition text). Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks eksposisi analitis. Pertama, siswa mengalami kesulitan di dalam menuliskan argumennya dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, guru tidak memandu siswa dalam mengembangkan dan menyusun argumen-argumen mereka tersebut. Guru hanya memberikan contoh teks eksposisi analitis secara utuh melalui tampilan power point presentation tanpa menjelaskan bagaimana langkah-langkah menyusun teks tersebut. Hal ini menyebabkan siswa tidak tertarik untuk menulis argumen-argumennya karena mereka takut ditertawakan teman lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sebaiknya menggunakan media yang bisa mengembangkan argumen-argumen siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis teks eksposisi analitis adalah chat room application “Bingo”. Aplikasi ini merupakan salah satu media alternatif dari perkembangan informasi dan teknologi dengan menggunakan beberapa komputer yang saling terhubung, siswa yang satu dengan yang lainnya bisa saling berkomunikasi dan berargumen tentang satu topik. Dalam aplikasinya di kelas, guru menggunakan aplikasi Bingo chat yang sudah diinstal ke semua computer yang akan digunakan guru dan siswa. Kemudian guru memperlihatkan sebuah gambar di depan kelas. Setelah itu, guru meminta siswa untuk memberikan argumen mereka terhadap gambar dan mengetik argumen tersebut dalam Bingo chat. Lalu, siswa secara berkelompok menyusun argumen tersebut dalam bentuk paragraf. Pada akhir pelajaran, secara individu siswa diberi topik dan gambar yang berbeda, diminta untuk memberikan argumen dan mengetiknya di Bingo chat. Diharapkan, Bingo chat ini bisa menjadi media yang sangat efektif dalam pengajaran keterampilan menulis teks eksposisi analitis karena siswa dapat mengembangkan dan menuliskan argumen-argumennya dengan lebih menyenangkan dan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penulisan Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:58 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11052 |