Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle bagi Anak Disleksia Kelas III di SDN 29 Kapalo Koto

Hariandja, Kezia Amelia (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle bagi Anak Disleksia Kelas III di SDN 29 Kapalo Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_KEZIA_AMELIA_HARIANDJA_ 16003083_542_2021.pdf] Text
B1_2_KEZIA_AMELIA_HARIANDJA_ 16003083_542_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temui pada
seorang anak disleksia yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan
khususnya pada membaca kata benda dengan pola KV-KVK. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata
benda dengan pola KV-KVK) menggunakan media spelling puzzle.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode
eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B
A dan menggunakan teknik analisi visual grafik. Subjek penelitian ini adalah
seorang anak disleksia kelas III SD, variabelnya dianalisis menggunakan
persentase.
Hasil analisis kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda
dengan pola kv-kvk) menggunakan media spelling puzzle yaitu, pada kondisi
baseline (A1) diperoleh hasil stabil pada skor 36%, pada kondisi intervensi (B)
diperoleh hasil stabil pada skor 95%, dan pada kondisi baseline (A2) diperoleh
hasil stabil pada skor 93%. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut, dapat
disimpulkan bahwa menggunakan media spelling puzzle dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda dengan pola KV-KVK)
bagi anak disleksia. Serta disarankan bagi guru agar dapat menggunakan media
spelling puzzle sebagai media pembelajaran dalam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 16 May 2025 07:55
Last Modified: 16 May 2025 07:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item
View Item