Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Kecantikan di Kota Bukittinggi

Pariska, Rahayu Primadona (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Kecantikan di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RAHAYU_PRIMADONA_PARISKA_17078135_5585_2021.pdf] Text
B1_2_RAHAYU_PRIMADONA_PARISKA_17078135_5585_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Agar tidak terjadinya penurunan pelanggan, maka salon harus
memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan merasa puas dan terus menjadi langganan pada salon tersebut. Penelitian ini dilatar belakangi
oleh tingkat pesaingan bisnis pada masing-masing salon kecantikan khususnya di Kota Bukittinggi terus mengalami peningkatan, keadaan tersebut mendorong pengelola salon harus mencari cara untuk menciptakan keunggulan bersaing. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan salon kecantikan di Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Pada penelitian ini digunakan 30 pelanggan yang diambil secara
acak sebagai subjek. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert dengan penyusunan dalam bentuk kalimat yang berbentuk positif dan negatif yang berhubungan dengan kedua variabel penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kualitas layanan yang diberikan setiap salon kecantikan di kota bukittinggi sebesar 87% tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari indikator reliability sebesar 90% dengan kategori
sangat baik, responsivenesssebesar 82% dengan kategori baik, assurancesebesar85% dengan kategori baik, empathy sebesar 88% dengan kategori baik, tangible sebesar93% dengan kategori sangat baik. Tingkat kepuasan pelanggan sebesar
87% tergolong dalam kategori baik yang ditinjau dari indikator tercapainya harapan pelanggan 81% dengan kategori baik, terpenuhinya kebutuhan pelanggan sebesar 85% dengan kategori baik, tercapainya keinginan pelanggan sebesar 87%
dengan kategori baik, keinginan untuk menggunakan pelayanan yang sama kembali sebesar 84% dengan kategori baik, keinginan untuk merekomendasikan salon sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis dan pengujian
hipotesis menunjukam bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 0,833 dengan koefisien korelasinya bersifat positif. Saran dari hasil penelitian yaitu agar karyawan atau pengelola salon terus berusaha meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada pelanggan,agar tingkat kepuasan yang dirasakan pelanggan dapat selalu diwujudkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 04:51
Last Modified: 16 May 2025 04:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item
View Item