Ramadani, Betria (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Waiter/Waitress Terhadap Kepuasan Tamu D’Cafe Restaurant Di Hotel Axana Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_BETRIA_RAMADANI_99110_2039_2017.pdf [thumbnail of B1_04_BETRIA_RAMADANI_99110_2039_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_BETRIA_RAMADANI_99110_2039_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melakukan Praktek Lapangan Industri di Hotel Axana Padang, peneliti melihat pelayanan yang diberikan di D‟Cafe Restaurant belum sepenuhnya di berikan kepada tamu yang berkunjung yang terlihat dari: tamu merasa tidak dihargai karena pada saat karyawan melayani mereka tidak memperlihatkan raut muka yang menyenangkan, pada saat menunggu hidangan datang tamu merasa bosan karena hidangan yang terlalu lama di sajikan dan membuat tamu merasa tidak nyaman, tamu merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan food and beverage service karena karyawan tidak bisa menjelaskan dengan rinci tentang menu yang akan mereka pesan, waiter/waitress kurang menguasai daftar menu mulai dari makanan pembuka sampai pada makanan penutup, waiter/waitress belum sepenuhnya menguasai alat hidang, waiter/waitress yang lupa dengan greeting. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kualitas pelayanan waiter/waitress di D‟Cafe Restaurant Hotel Axana Padang (2) Mendeskripsikan kepuasan tamu terhadap pelayanan waiter/waitress D‟Cafe restaurant di Hotel Axana Padang (3) Mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan waiter/waitress terhadap kepuasan tamu D‟Cafe Restaurant di Hotel Axana Padang. Jenis penelitian ini digolongkan kepada assosiatif kuasal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang berkunjung dan merasakan pelayanan dari waiter/waitress D‟Cafe Restaurant. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling insidental sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan waiter/waitress berada pada kategori cukup (42%), (2) Kepuasan tamu D‟Cafe Restaurant berada pada kategori cukup (41%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung dengan sig. 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan waiter/waitress (X) terhadap kepuasan tamu D‟Cafe Restaurant Axana Hotel Padang (Y) dengan R Square sebesar 0,740. Artinya Kualitas Pelayanan waiter/waitress mempengaruhi kepuasan tamu D‟Cafe Restaurant sebesar 74% dan sisanya 26% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Waiter/Waitress dan Kepuasan Tamu |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10903 |