Combining Substitution Drill with Visual Media to Teach English Vocabulary to Elementary School Students

Asfriani, Rini (2011) Combining Substitution Drill with Visual Media to Teach English Vocabulary to Elementary School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_RINI_AFRIANI_77114_1835_2011.pdf] Text
B1_RINI_AFRIANI_77114_1835_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengemukakan pengajaran bahasa Inggris secara menarik dengan cara yang lebih bervariasi dan interaktif. Dalam pengajaran ini digunakan teknik drill yang digabungkan dengan visual media. Salah satunya melalui substitution drill. Ini dapat dilakukan dengan cara menghilangkan salah satu bagian kalimat dan meminta siswa untuk mengganti dengan kata lain yang sejenis. Substitution drill ini dapat dipakai dalam pengajaran menyimak, berbicara, penambahan kosakata, dan tata bahasa untuk pemula. Cara ini dapat membuat siswa merasa tertarik dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Ini karena penyampaian materi yang lebih menantang siswa misalnya dalam mensubstitusikan kata ke dalam kalimat. Cara ini dapat pula digunakan dalam mensubstitusikan sebuah kalimat, sebuah phrase, atau sebuah gambar. Ada hal penting yang perlu diingat oleh guru dalam menerapkan substitution drill, guru sebaiknya menggunakan pola kalimat yang sederhana yang diucapkan dengan jelas dan komunikatif agar pembelajaran dan pelatihan bahasa Inggris menjadi lebih bermakna. Penyajian materi dapat divariasikan oleh guru yang bersangkutan. Mengingat bahasa Inggris masih merupakan bahasa asing jadi diperlukan cara yang dapat merangsang ketertarikan anak terhadap penyampaian materi ajar. Makalah ini mengemukakan teknik pengajaran kosakata dengan cara mensubstitusikan kata ke dalam kalimat sederhana dengan menggunakan visual media. Cara ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan media berupa flashcards, flipcards, dan poster sehingga siswa tidak mudah bosan dalam proses belajar mengajar serta mengkongkritkan hal-hal yang bersifat abstrak. Belajar bahasa Inggris menjadi lebih menarik tergantung bagaimana interaksi guru dalam kelas serta metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 15 May 2025 07:45
Last Modified: 15 May 2025 07:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item
View Item