Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Symbolic Modelling dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Narapidana Remaja

Yuliarsih, Eflen (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Symbolic Modelling dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Narapidana Remaja. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya penerimaan diri narapidana remaja di lembaga pemasyarakatan
merupakan suatu masalah dalam dunia pemasyarakatan yang memerlukan suatu
tindakan secara cepat dan tepat. Narapidana remaja yang memiliki penerimaan diri
yang rendah ditandai dengan perilaku seperti ketidaksiapan untuk bebas dan
kembali ke masyarakat, dan berdampak pada banyak diantara mereka memilih
melakukan kesalahan lagi sehingga dijebloskan kembali kedalam lembaga
pemasyarakatan. Upaya konseling yang dapat dilakukan salah satunya melalui
layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modelling.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik symbolic modelling.
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan
desain A-B-A’. Subjek penelitian ini adalah narapidana remaja LPKA Kelas II
Tanjung Pati. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive
Sampling dengan kriteria kondisi penerimaan diri narapidana remaja berada pada
kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data
pada penelitian ini adalah angket penerimaan diri narapidana remaja. Teknik
analisis data yang digunakan dengan analisis data visual dan grafik.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan
kelompok dengan teknik symbolic modelling efektif untuk meningkatkan
penerimaan diri narapidana remaja pada subjek KZ, AD, FK, IR, WH, ET, RM, dan
HF. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling juga efektif
untuk meningkatkan penerimaan diri narapidana selama intervensi diberikan.
Disarankan kepada konselor dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok
dengan teknik symbolic modelling dalam mengembangkan kehidupan efektif
sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari terganggu
(KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri dan mampu menerima
dirinya, khususnya narapidana remaja di Lapas.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 01:41
Last Modified: 15 May 2025 01:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item
View Item