Yuliarsih, Eflen (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Symbolic Modelling dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Narapidana Remaja. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya penerimaan diri narapidana remaja di lembaga pemasyarakatan 
merupakan suatu masalah dalam dunia pemasyarakatan yang memerlukan suatu 
tindakan secara cepat dan tepat. Narapidana remaja yang memiliki penerimaan diri 
yang rendah ditandai dengan perilaku seperti ketidaksiapan untuk bebas dan 
kembali ke masyarakat, dan berdampak pada banyak diantara mereka memilih 
melakukan kesalahan lagi sehingga dijebloskan kembali kedalam lembaga 
pemasyarakatan. Upaya konseling yang dapat dilakukan salah satunya melalui 
layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modelling. 
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok 
dengan teknik symbolic modelling. 
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan 
desain A-B-A’. Subjek penelitian ini adalah narapidana remaja LPKA Kelas II 
Tanjung Pati. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive 
Sampling dengan kriteria kondisi penerimaan diri narapidana remaja berada pada 
kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data 
pada penelitian ini adalah angket penerimaan diri narapidana remaja. Teknik 
analisis data yang digunakan dengan analisis data visual dan grafik. 
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan 
kelompok dengan teknik symbolic modelling efektif untuk meningkatkan 
penerimaan diri narapidana remaja pada subjek KZ, AD, FK, IR, WH, ET, RM, dan 
HF. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling juga efektif 
untuk meningkatkan penerimaan diri narapidana selama intervensi diberikan. 
Disarankan kepada konselor dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok 
dengan teknik symbolic modelling dalam mengembangkan kehidupan efektif 
sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari terganggu 
(KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri dan mampu menerima 
dirinya, khususnya narapidana remaja di Lapas.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 15 May 2025 01:41 | 
| Last Modified: | 15 May 2025 01:41 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10757 | 
         