Herliyatin, Ayyu (2012) Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disk (VCD) pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D II C SLB Al Mujadillah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AZHAR_93456_702_2012.pdf [thumbnail of B1_2_AZHAR_93456_702_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_AZHAR_93456_702_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana anak-anak tunagrahita ringan kelas
dasar II mengalami kesulitan dalam membaca kata yang ada huruf (p, t, r) di awal, di
tengah dan di akhir kata. Hal ini karena anak merasa cepat bosan dalam menerima
pelajaran dengan metode ceramah dan juga dikarenakan penggunaan media yang kurang
optimal berupa membaca buku bacaan dan membaca bacaan yang dituliskan guru di
papan tulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan
pembelajaran meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan melalui media
compavt disk bagi anak tunangrahita ringan di kelas D II C SLB Al Mujadillah Padang
dan membuktikan efektivitas penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini digunakan
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Tindakan ini
dilakukan kepada dua orang anak tunagrahita ringan yang menjadi Subjek penelitian
yaitu dua anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Al-Mujadillah Padang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama siklus I yang dilaksanakan tujuh
kali pertemuan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari mendengarkan penjelasan
guru tentang penggunaan media video compact disk (vcd). Membaca huruf (p, t, r),
menunjukkan huruf (p, t, r), membacakan kata mengandung huruf (p, t, r) di awal, di
tengah dan di akhir kata dan menuliskan kata yang dibaca anak. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa di akhir siklus I dapat dilihat RM sebelum diberi tindakan
mendapatkan nilai 10% dan setelah diberi tindakan mendapat I menjadi 45%. NR
sebelum diberi tindakan mendapatkan nilai 20 % setelah diberikan tindakan I mendapat
hasil 36%. Pada siklus II dilakukan dalam empat kali proses pembelajaran membaca
kata yang ada huruf (p, t, r) di awal, di tengah dan di akhir RM mendapat hasil 72 % dan
NR mendapat hasil 63%. Dari hasil penyajian dan anlisis data dapat disimpulkan bahwa
media video compact disk (vcd) dapat meningkatkan motivasi belajar membaca
permulaan yang ada huruf (p, t, r) di awal, di tengah dan di akhir kata bagi anak
tunagrahita ringan kelas D II C. Dengan demikian dapat disarankan kepada kepala
sekolah dan guru untuk dapat menggunakan media video compact disk (vcd) dalam
meningkatkan motivasi belajar membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Compact Disk (VCD) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:16 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10714 |