Pengembangan LKS dan RPP Berbasis Pendekatan Contectual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar

Rahmawati, Eka (2019) Pengembangan LKS dan RPP Berbasis Pendekatan Contectual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EKA_RAHMAWATI_17124017_4049_2019.pdf] Text
B1_1_EKA_RAHMAWATI_17124017_4049_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan lembar kerja dan lembar kerja
berdasarkan pendekatan CTL yang valid, praktis dan efektif untuk topik statistik
di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain
penelitian oleh Thiagarajan, Semmel, Dam Semmel (1974). Penelitian ini
dilakukan dalam empat fase, yaitu mendefinisikan, merancang rencana,
mengembangkan, dan menyebarluaskan lembar kerja dan pelajaran di sekolah
dasar. Data dikumpulkan menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara,
catatan lapangan, tes, dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKS dan
RPP telah memenuhi kriteria valid dalam hal konten, pendekatan, format, dan
bahasa dengan persentase 86%. Tingkat validitas LKS dan RPP dikembangkan
valid dengan persentase 86%. Hasil pengamatan, kuesioner, dan wawancara
menunjukkan bahwa siswa praktis dalam hal kemudahan penggunaan, penggunaan
waktu, dan keterbacaan oleh guru dan siswa. Keterampilan pemecahan masalah
siswa yang dikembangkan dan ditingkatkan dengan persentase 77, 27%
dikembangkan secara efektif. Siswa dapat menemukan data, menganalisis data,
berkolaborasi, mencoba dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 07:33
Last Modified: 14 May 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item
View Item