Kurniawati, Sari (2015) Meningkatkan Kemampuan Mencuci Pakaian melalui Analisis Tugas pada Anak Tunagrahita Sedang: Single Subject Research Kelas IV CI di SLB Fanredha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SARI_KURNIAWATI_95926_909_2015.pdf [thumbnail of B1_2_SARI_KURNIAWATI_95926_909_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SARI_KURNIAWATI_95926_909_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan, yakni
anak tunagrahita X yang mengalami kesulitan dalam mengurus diri sendiri khususnya
mencuci pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
mencuci pakaian melalui analisis tugas pada anak tunagrahita sedang kelas IV
CI di SLB Fanredha Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR).
Penelitian ini menggunakan desain A-B. Dimana kondisi A (baseline) adalah
kondisi awal anak dalam mencuci pakaian sebelum diberikan tindakan. Kondisi B
(intervensi) dimana anak diberikan perlakuan melalui analisis tugas.
Hasil penelitian yaitu kemampuan mencuci pakaian anak tunagrahita sedang
X meningkat setelah diberikan intervensi melalui analisis tugas. Pada kondisi
baseline dilakukan enam kali pengamatan diperoleh skor tertinggi yaitu 35%, pada
kondisi intervensi dilakukan sepuluh kali pengamatan kemampuan anak semakin
meningkat sehingga anak memperoleh skor tertinggi yaitu 90% . dengan
demikian terbukti rumusan masalah yang dikemukakan terjaawab bahwa kegiatan
analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan mencuci pakaian pada anak
tunagrahita sedang X kelas IV/ CI di SLB Fanredha Padang. peneliti menyarankan
kepada guru agar menggunakan analisis tugas dalam pembelajaran bina diri khususnya
mencuci pakaian.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:18 |
Last Modified: | 14 May 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10702 |