Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Kelas XI.IPS.1 SMA 1 Bukittinggi

Mardian, Wiky (2020) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Kelas XI.IPS.1 SMA 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_WIKY_MARDIAN_1115_16058047_2020.pdf] Text
B1_04_WIKY_MARDIAN_1115_16058047_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendah nya tingkat keaktifan siswa kelas XI.IPS.1 dalam proses pemebelajaran sosiologi, terlihat dalam tahap observasi tingkat keaktifan siswa kelas XI.IPS.1 sebesar 30%. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dalam 1 siklus terdapat 2 kali pertemuan dan setiap siklus terdapat 4 buah tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah sebanyak 36 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi yang berisi indikator keaktifan dalam belajar. Pada penelitian ini peneliti menetapkan tingkat keberhasilan dalam penelitian pada kategori baik yaitu 75% keatas. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam belajar dengan penerapan model Students Teams Achievement Divisions. Dapat dilihat pada siklu I pertemuan pertama rata-rata skor keaktifan per indikator sebesar 61,85%, pada silklus ke I pertemuan kedua sebesar 70,48%, selanjutnya pada siklus II pada pertemuan pertama rata-rata indicator keaktifan sebesar 77,91, dan pada pertemuan kedua rata-rata indicator keaktifan siswa sebesar 84,86%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Students Teams s Achievement Divisions dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi konflik sosial

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 06:38
Last Modified: 14 May 2025 06:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item
View Item