Pengaruh Promosi Terhadap Perilaku Beli Konsumen pada Produk Tata Rias Wajah di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Sari, Putri Komala (2021) Pengaruh Promosi Terhadap Perilaku Beli Konsumen pada Produk Tata Rias Wajah di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PUTRI_KOMALA_SARI_1303005_1204_2021.pdf] Text
B1_2_PUTRI_KOMALA_SARI_1303005_1204_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pemasaran perusahaan (La Tulipe Cosmetique), yaitu melakukan promosi melalui iklan media sponsor bersama MUA ternama yang mempengaruhi perilaku beli mahasiswa pada produk
tata rias wajah. Dapat dilihat dari perilaku mahasiswa yang membeli produk karena dorongan psikologis, dimana mahasiswa membeli bukan karena suatu kebutuhan tetapi karena produk tersebut digunakan oleh MUA favorit mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh promosi terhadap perilaku beli konsumen pada produk tata rias wajah di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan tahun masuk 2017, 2018 dan 2019 yang berjumlah 331 orang, teknik
pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling dengan sampel berstata berjumlah 77 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket berskala Likert berjumlah 42 butir soal yang telah dianalisis validitas dan eliabilitasnya.Analisis data deskritif menggunakan rumus persentase, pengujian hipotesis menggunakan pearson correlation product moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh perusahaan (La Tulipe Cosmetiques) memiliki rata-rata skor 73,17% dengan
kategori sedang. Sedangkan perilaku beli mahasiswa sebagai konsumen pada produk tata rias wajah (La Tulipe) memiliki rata-rata skor 69,18% dengan kategori sedang. Pengaruh promosi terhadap perilaku beli konsumen pada produk tata rias wajah di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan memiliki skor korelasi pearson correlation product moment (r) sebesar 0,602, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kedua variabel. Hipotesis Ha yang menyatakan terdapat pengaruh promosi terhadap perilaku beli konsumen pada produk tata rias wajah (La Tulipe) di Jurusan Tata Rias dan Kecantikan dengan taraf signifikansi 95% karena t
hitung> ttabel (8.617> 2.000).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 May 2025 04:05
Last Modified: 14 May 2025 04:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item
View Item