Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut)

Amelia, Putri (2019) Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PUTRI_AMELIA_15003062_5268_2019.pdf] Text
B1_2_PUTRI_AMELIA_15003062_5268_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak disgrafia yang tidak berminat untuk belajar yang peneliti temukan di SDN 17 Jawa Gadut. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan minat belajar
anak disgrafia melalui media gambar berseri.
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A1-B-A2. Dimana kondisi A1 (baseline) adalah kondisi awal anak belajar sebelum perlakuan dan tindakan. Kondisi B
(intervensi) dimana kondisi minat belajar anak disgrafia diberikan perlakuan melalui media gambar berseri. Sedangkan kondisi A2 (baseline) adalah kondisi minat belajar anak setelah intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, persentase minat belajar
anak disgrafia tanpa melalui media gambar berseri terlihat meningkat dengan keterjalan rendah. Kedua, persentase minat belajar anak disgrafia melalui media gambar berseri terlihat meningkat dengan keterjalan tinggi. Ketiga, persentase
minat belajar anak disgrafia setelah diberikan intervensi melalui media gambar berseri terlihat meningkat. Dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri terbukti lebih efektif untuk menigkatkan minat belajar anak disgrafia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 14 May 2025 03:12
Last Modified: 14 May 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item
View Item