Analisis Ketersediaan Fasilitas Penyeberangan Untuk Penyeberang Jalan (Studi Kasus: Kampus Universitas Negeri Padang dan Basko Grand Mall Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang).

Pilusman, Zelgi (2016) Analisis Ketersediaan Fasilitas Penyeberangan Untuk Penyeberang Jalan (Studi Kasus: Kampus Universitas Negeri Padang dan Basko Grand Mall Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang). Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_ZELGI_PILUSMAN_1307592_4761_2016.pdf.pdf] Text
B1_02_ZELGI_PILUSMAN_1307592_4761_2016.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lalulintas di Jalan Prof. Dr. Hamka sangat ramai bahkan sering terjadi
kemacetan dan kecelakaan yang diakibatkan oleh pengguna jalan itu sendiri, baik
yang menggunakan kendaraan bermotor, tidak bermotor, dan pejalan kaki
(pedestrian). Jalan Prof. Dr. Hamka bisa dikatakan sebagai salah satu pusat
kegiatan di Kota Padang seperti adanya kampus Universitas Negeri Padang, SMA,
SMP, SD, TK, pusat perbelanjaan dan Hotel Basko Grand Mall, perkantoran, dan
pertokoan. Keramaian lalulintas tersebut menimbulkan berbagai permasalahan
dalam berlalulintas, khususnya permasalahan yang dialami oleh pejalan kaki
(pedestrian) yang menyeberang jalan. Berdasarakan permasalaha tersebut, maka
diangkat kasus mengenai ketersediaan fasilitas penyeberang untuk penyeberang
jalan. Ada beberapa macam fasilitas penyeberangan, yaitu zebra cross, pelikan,
jembatan penyeberangan, dan terowongan penyeberangan.
Fasilitas penyeberangan sangat penting untuk diadakan, terutama pada
ruas-ruas jalan yang dianggap tinggi arus lalu lintas, dengan adanya fasilitas
penyeberangan dapat mempermudah penyeberang jalan dalam mencapai
tujuannya. Di dalam penelitian ada dua pokok bahasan yang dibahas, yaitu
pemilihan fasilitas penyeberangan di area studi dan menghitung kapasitas dan
tingkat pelayanan fasilitas penyeberangan.
Berdasarkan hasil analisis data dan survei penelitian di lapangan, untuk
menentukan fasilitas penyeberangan harus diketahui terlebih dahulu arus pejalan
kaki dan arus kendaraan. Setelah data arus pejalan kaki dan arus kendaraan
diperoleh, maka didapatkan fasilitas penyeberangan yang cocok diadakan di Jalan
Prof. Dr. Hamka adalah pelikan dengan pelindung, karena jumlah arus
penyeberangan jalan pada titik pengamatan berkisar antara 50-1100 ped/jam dan
jumlah arus kendaraan > 700 kend/jam dan lebar ruas Jalan Prof. Dr. Hamka
tergolong besar rata-rata > 8 meter dan memiliki median jalan

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:42
Last Modified: 07 Feb 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item
View Item