Strategi Pengembangan Fasilitas Umum Pasar Wisata Kota Bukittinggi

Suwita, Suwita (2017) Strategi Pengembangan Fasilitas Umum Pasar Wisata Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SUWITA_1302593_5501_2017.pdf] Text
B1_04_SUWITA_1302593_5501_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

nelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas umum di Pasar Wisata Kota Bukittinggi seperti: belum terawatnya parkir, toilet umum dan mushola dengan baik, belum menyeluruhnya toko yang memiliki papan nama dan tidak adanya tempat tunggu serta taman bermain anak. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan strategi pengembangan fasilitas umum Pasar Wisata Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan dua teknik yaitu:Purposive Sampling,dan Snow-Ball Sampling. Purposive Sampling yaitu : Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kota Bukittinggi, dan ketua organisasi Pasar Wisata. Snow-Ball Sampling yaitu: pedagang dan pengunjung pasar. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Strategi untuk pengembangan fasilitas umum Pasar Wisata adalah lokasi yang strategis dan ketersediaan lahan dapat dimanfaatkan untuk membangun fasilitas yang belum tersedia seperti tempat tunggu dan taman bermain anak, memperbaiki sistem perparkiran seperti membangun tempat parkir khusus untuk roda dua dan roda empat, membuat sistem perparkiran berbasis komputerisasi serta membuat program-program seperti “Kartu Diskon Parkir” sehingga pengunjung lebih memprioritaskan menggunakan jasa parkir di lokasi Pasar Wisata dibandingkan menggunakan jasa parkir lain, menjaga kualitas air bersih dan kebersihan toilet umum dengan rutin melakukan daily check serta memperbaiki fasilitas kelengkapan yang ada di toilet umum seperti kondisi penerangan, kondisi gayung serta ketersediaan tempat sampah di toilet, membentuk pengurus musholla yang beranggotakan pedagang dan membuat program gotong royong secara berkala sedangkan bagi Dinas terkait dapat melakukan renovasi dan pengawasan terhadap penggunaan Musholla, melakukan sosialisasi mengenai manfaat promosi dari Dinas Pasar kepada pedagang sehingga Kios/toko yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh pemilik toko untuk melakukan promosi melalui pemasangan papan nama toko dengan membuat brand pribadi, selain itu membuat program belanja seperti program potongan harga (discount), obral, dan program-program lain yang sekiranya dapat menarik pengunjung, mayoritas pengunjung yang banyak berasal dari kalangan keluarga dapat dimanfatkan sebagai target pasar dengan membangun fasilitas yang ramah anak seperti tempat tunggu dan taman bermain sederhana yang berukuran kecil seperti perosotan dan ayunan sehingga tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak terjadi penyempitan lahan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Fasilitas umum, Pasar wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 09 May 2025 09:08
Last Modified: 09 May 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item
View Item