Dewi, Susi Safra (2017) Pengaruh Sarana Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_SUSI_SAFRA_DEWI_1302592_5007_2017.pdf [thumbnail of B1_04_SUSI_SAFRA_DEWI_1302592_5007_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_SUSI_SAFRA_DEWI_1302592_5007_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti terhadap wisatawan yang datang ke Panorama Tabek Patah yang jumlah kunjungan pertahunnya tidak stabil serta masih adanya wisatawan yang mengeluhkan sarana wisata yang belum sesuai harapan serta kurangnya fasilitas umum di Panorama Tabek Patah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan di Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel sarana wisata dengan 4 indikator dan variabel kepuasan wisatawan dengan 5 indikator. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh sarana wisata (X) terhadap kepuasan wisatawan (Y) di Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Populasi dari penelitian ini sebanyak 1.001 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan mengunakan puposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 orang yang ditentukan menggunakan rumus Riduwan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis menggunakan program computer SPSS versi 16.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Sarana Wisata Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar berada dalam kategori buruk (48,35%). (2) Kepuasan Wisatawan Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar berada pada kategori cukup baik (67,03%). (3) Hasil uji hipotesis regresi linier sederhana diperoleh F hitung 133.422 dengan sig 0,000<0,05, yang artinya variabel sarana wisata (X) dapat menjelaskan variabel kepuasan wisatawan (Y) secara signifikan, dengan R square sebesar 0,600. Artinya sarana wisata mempengaruhi kepuasan wisatawan sebesar 60% dan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain seperti prasarana wisata dll.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana Wisata, Kepuasan, Wisatawan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 09 May 2025 09:08 |
Last Modified: | 09 May 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10534 |